photo blogkugif.gif
Headlines News :
Home » » Survei LIPI: Elektabilitas Jokowi-JK Unggul

Survei LIPI: Elektabilitas Jokowi-JK Unggul

Written By Unknown on Friday 27 June 2014 | 03:33

Survei LIPI: Elektabilitas Jokowi-JK Unggul
Ahdi Popos - Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI) merilis hasil survei nasional terkait peta dukungan kepada calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilu presiden mendatang. Dalam survei tersebut, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul 43 persen, sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 34 persen," kata peneliti P2P LIPI, Wawan Ichwanuddin, di Auditorium LIPI, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Wawan mengatakan, tingkat keterpilihan ini didasarkan pada pertanyaan penelitian, "Jika pemilihan presiden diselenggarakan pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih?"

Dia pun menegaskan, survei tersebut hanya melakukan pemotretan persepsi masyarakat dalam rentang waktu tertentu.

"Dalam survei ini juga masih ada 23 persen responden yang belum menentukan pilihan atau undecided voters," ucap staf pengajar Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Penelitian yang dilakukan secara nasional tersebut dilakukan dari tanggal 5 Juni sampai 24 Juni 2014. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 790 responden.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Berdasarkan jumlah sampel ini, diperkirakan margin of error sebesar kurang lebih 3,51 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Semua biaya kegiatan survei ini bersumber pada dana DIPA (negara).

Editor : Herdiyono
Sumber : Kompas.com
Share this post :

Post a Comment

 
| Home | Tentang Kami | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2014. Ahdi Popos - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger