photo blogkugif.gif
Headlines News :
Home » » Ini Asal Muasal Akun @trioMacan2000

Ini Asal Muasal Akun @trioMacan2000

Written By Ahdi popos on Friday, 31 October 2014 | 06:50

Ini Asal Muasal Akun @trioMacan2000
Ahdi Popos - Jakarta, Akun @TrioMacan2000 kembali menyeruak ke publik. Bukan karena informasi soal skandal pejabat yang biasa dilontarkannya melalui media sosial Twitter, tapi lantaran seorang adminnya, Edy Saputra, ditangkap Kepolisian Daerah Metro Jaya pada Rabu, 29 Oktober 2014. Edy diduga hendak memeras pejabat PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Siapa sejatinya figur di balik akun @TrioMacan2000?

Tempo pernah bertemu dengan Raden Nuh, pemilik akun @TrioMacan2000. Akun ini sudah dibekukan oleh Twitter lantaran mencuitkan tuduhan-tuduhan yang dinilai pengelola media sosial itu berisi fitnah.

Pertemuan terjadi dua kali pada 2012. Raden mengontak redaksi terlebih dulu dan menyebutkan punya dokumen tentang korupsi pengadaan pupuk di Kementerian Pertanian. Pertemuan pertama berlangsung di Bakoel Koffee, Cikini, Jakarta Pusat.

Pada pertemuan ini, Raden berkisah soal kiprahnya di jagat Twitter. Raden mengaku sebagai pengelola akun @indahsari69, tapi dia tutup karena dirinya diancam akan dibunuh oleh seorang petinggi Golkar akibat mencuitkan kasus korupsi politikus itu. Kemudian ia membuat akun @TrioMacan2000. Waktu itu akun ini belum terlalu banyak pengikutnya dan belum terkenal dengan cuitan-cuitan pelbagai skandal.

Pertemuan kedua dengan Raden yang juga mantan calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Sumatera Barat II pada Pemilu 2014 itu terjadi pada 22 Mei 2012. Akun @TrioMacan2000 sudah sangat terkenal dengan pengikut nyaris 300 ribu. Waktu itu akun tersebut sedang gencar mencuitkan korupsi Petral, anak usaha Pertamina di Singapura yang bertugas mengimpor minyak mentah. Menteri BUMN Dahlan Iskan ketika itu berencana membubarkannya. (Baca: Dipo Alam Pernah Tantang Pemilik Akun @TrioMacan2000)

Pada pertemuan kedua, Tempo juga memastikan bahwa Raden ialah pengelola @TrioMacan2000. Dia diminta mencuitkan kalimat yang dieja Tempo: "Sedang bertemu wartawan media internasional untuk membongkar korupsi Petral." Cuitan itu kemudian tayang di akun tersebut sedetik kemudian.

Kini, akun @TrioMacan2000 sudah ditutup oleh Twitter. Sebagai gantinya, muncul akun @TM2000Back. Akun yang terakhir ini belum diketahui pengelolanya. Namun, seorang adminnya, Edy Saputra, kini ditangkap polisi.

Editor : Herdiyono
Sumber : Tempo.co
Share this post :

Post a Comment

 
| Home | Tentang Kami | Pasang Iklan
Copyright © 2011-2014. Ahdi Popos - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger